Action Research Literate (ARL)
Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate

Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Melalui Sarana Prasarana Di SD Al-Ma’soem

Rakanita Dyah Ayu Kinesti (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia)
Naily Himmatul Ulya (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia)
Laana Nafisatus Suroyya (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia)
Fathia Latifah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia)
Eka Vina Rahmawati (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia)
Nurul Khoirin Nida (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia)
Aeni Khasanah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2021

Abstract

Strategi merupakan sebuah cara atau pendekatan yang sangat menyeluruh dan sangat berkaitan dengan adanya pelaksanaan gagasan atau suatu perencanaan serta eksekusi dalam suatu aktivitas yang berada dalam kurun waktu tertentu. Dalam proses pembelajaran sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam rangka menunjang kelancaran proses kegiatanya, sehingga pengelolaan sarana dan prasarana sangat diperlukan oleh setiap sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) Strategi Peningkatan kualitas pembelajaran Di SD Al Masoem, (2) Perencanaan Peningkatan Sarana dan Prasarana di SD Al Masoem, (3) Peran pendidik dalam peningkatan kualitas pembelajaran melalui sarana dan prasarana di SD Al Ma’soem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi pustaka dan Studi Hasil Pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi: (1) observasi partisipan, (2) wawancara mendalam, dan (3) studi dokumentasi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Peningkatan Sarana dan Prasana terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang merupakan hasil dari kualitas pembelajaran yang diberikan dari pendidik kepada siswa di SD Al Masoem, Bandung, Jawa Barat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...