ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol. 3 No. 2: Mei 2020

Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Kerja Kelompok Di Kelompok B Tk Aisyiyah Paranggi: The Efforts Of Increasing Children Hard Motoric Through Game Of Engran Coconut Shell At Group B Of Panasibaja Marawola Barat Kindergarten

Muslimah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
14 May 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial anak di kelompok B TK Aisyiyah Paranggi? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan interkasi sosial anak melalui metode kerja kelompok di kelompok B TK Aisyiyah Paranggi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu data yang diperoleh diubah ke dalam bentuk persentase. Dari hasil penelitan yang telah dilaksanakan, maka melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan sosial anak di kelompok B TK Aisyiyah Paranggi. Hasil pengamatan pra tindakan saling komunikasi antar anak kategori BSB 0%, 20,00% yang masuk kategori BSH, 53,33% yang masuk kategori MB, dan 26,67% yang masuk kategori BB. Aspek bekerjasama, 0% BSB, 60,00% yang masuk kategori BSH, 40,00% yang masuk kategori MB, dan 0% yang masuk kategori BB. Aspek tolong menolong, 0% yang masuk BSB, 13,33% yang masuk kategori BSH, 66,67% yang masuk kategori MB, dan 20,00% yang masuk kategori BB. Berdasarkan hasil pengamatan tindakan siklus I pertemuan pertama dan kedua, bahwa belum ada anak yang mendapatkan kategori BSB, maka dilanjutan kesiklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua, dari 15 orang anak terdapat 12 orang anak yang mendapatkan kategori BSB dengan nilai 80, yaitu dengan jumlah klasikal yang di dapatkan (80,00 %) dan 3 orang anak mendapatkan kategori BSH memperoleh nilai 20, sehingga nilai yang didapatkan (20,00%). Maka dengan demikian penelitian berhenti pada Siklus II pertemuna kedua.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...