ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol. 3 No. 3: September 2020

Implikasi Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 1 Baolan Toli-toli: Implications of Children's Fine Motor Skills Through Finger Painting Activities in Group B Children Aisyiyah 1 Baolan Toli-toli Kindergarten

Pasiha (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriptif Implikasi Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada anak Kelompok B Tk Aisyiyah 1 Baolan Toli-Toli, kegiatan finger painting pada anak,factor-faktor yang mempengaruhi keterampilan motoric halus,dan Kelebihan dan Kelemahan Metode Finger painting dan alasan memilih finger painting Kelompok B Tk Aisyiyah 1 Baolan Toli-Toli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik dan orang tua murid di Tk Aisyiyah 1 Baolan Toli-Toli. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Keterampilan Motorik Halus di Kelompok B Tk Aisyiyah 1 Baolan Toli-Toli dilakukan melalui proses: a) Perencanaan dengan unsur-unsur pokok motorik halus anak Melalui kegiatan Finger Painting kedalam muatan kurikulum sekolah, RPPM dan RPPH, b) Pelaksanaan pembelajaran yang mencakup dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan terprogram, kegiatan rutin, pembiasaan, spontan, keteladanan, dan c) Penilaian dengan menggunakan observasi, catatan anecdotal, portopolio dan penilaian periodik. 2) Faktor pendukung Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada anak Kelompok B Tk Aisyiyah 1 Baolan Toli-Toli yaitu: keterampilan motorik halus merupakan muatan yang ada dalam kurikulum, ada motivasi intrinsi sekolah, sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat yaitu dibutuhkan waktu, kesabaran serta ketelatenan dalam keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting, minimnya monitouring dari pusat kurikulum dan factor lingkungan dari pesera didik. 3) Cara mengatasi dari factor penghambat keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting yaitu dengan mengadakan komunikasi dan sharing dengan guru-guru lain serta orang tua dalam mengatasi permasalahan anak, mencari pendanaan dalam bentuk pengajuan proposal, dan pendidik terus belajar dari berbagai sumber dan selalu terbuka akan informasi-informasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...