EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 13, No 2: July 2021

PERANAN TECHNOLOGICAL PEDADOGICAL CONTENTS KNOWLEDGE (TPACK) DALAM KREATIVITAS MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN

Widia Nur Jannah (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Rahman Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peranan Technological Pedadogical Contents Knowledge (TPACK) dalam kreativitas mahasiswa PGSD merancang perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia SD. TPACK adalah pengetahuan tentang pembelajaran yang terintegrasi teknologi yang didasari pada analisis karakter materi dan aspek pedagogik. Metode penelitian menggunakan eksperimen (Single-One Group Pretest-Posttest Design). Intrumen penelitian yang digunakan adalah penilaian portofolio. Efektifitas dianalisis dengan menggunakan n-gain. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD semester empat Universitas Muhammadiyah Cirebon tahun akademik 2019/2020. Kesimpulan penelitian ini terlihat adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan TPACK dalam kreativitas mahasiswa PGSD menyusun perangkat pembelajaran. Peningkatan dapat dilihat dari setiap indikatornya, yaitu pada keluwesan dalam konten 0,89, kebaruan  pedagogik dalam teknologi 1,31, serta elaborasi konten dan teknologi 1,00. Selain itu, berdasarkan uji t diketahui bahwa t hitung sebesar -28,75 dan taraf signifikansi yaitu 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa  di tolak dan  diterima, dengan kata lain model blended learning berbasis project dapat meningkatkan kemampuan TPACK dalam kreativitas menyusun perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia mahasiswa calon guru SD. Luaran dari penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dan media pembelajaran berbasis IT.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eduhumaniora

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Eduhumaniora is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to elementary education fields. For research category, articles can be written using ...