Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
Vol 8, No 2 (2021): Desember

Strategi Word of Mouth Produk Sinom-Vac: Pembicara, Topik, Alat, Partisipasi dan Pengawasan

Kevin Reynaldi Bagaskara (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya)
Leonard Adrie Manafe (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya)
Viviana Sulistya Angraini (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya)
Mayrine Christiyah Nugrahini (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan terkait penerapan Word of Mouth yang merupakan bagian dari strategi pemasaran produk Sinom-Vac. WOM memiliki elemen yang dikenal dengan 5T (Pembicara, Topik, Alat, Partisipasi, dan Pengawasan). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 31 informan. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner,  wawancara langsung dilapangan serta dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukan Talker yang merupakan konsumen Sinom-Vac sendiri. Topic berhubungan dengan tambahan pemahaman akan suatu produk untuk para konsumen, yang berakhir dimana informan akan melakukan pembicaraan kembali terkait produk kepada partnernya. Diberikannya tester sebagai Tools untuk pembuktian kualitas produk yang ditawarkan, setelah itu pemberian pelayanan kunjungan yang prima dilakukan secara langsung atau tidak langsung merupakan bagian dari Taking Part, dan langkah berikutnya masuk dalam tahap Tracking pihak Sinom-Vac memberikan respon dengan membalas keluhan pelanggan dengan cepat untuk mengurangi WOM negatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (JSMB) ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print) administered by the Master of Management Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura. This journal is here to accommodate innovative thinking of academics, researchers and ...