Evaluasi pada penelitian ini mengkomparasikan pelaksanaan pembelajaran di lapangan dibandingkan standar proses nasional. Standar proses yang digunakan disini merupakan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Indikator standar proses dalam hal ini meliputi karakteristik, perencanaan, pelaksanaan proses pembelajaran, serta beban belajar mahasiswa dengan menggunakan model evaluasi Provus. Tujuan penelitian bagaimana pengimplementasian standar proses pembelajaran dan kesenjangan di jurusan Tadris Matematika IAIN Pekalongan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan jenis evaluatif. Metode untuk mengumpulkan data penelitian yaitu, metode wawancara, observasi, dan dokumentasi . Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Langkah atau sintaks yang digunakan dalam penelitian ini dalam mengevaluasi proses pembelajaran menggunakan model Provus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap desain, instalasi, proses, dan produk. Standar proses dalam perkuliahan sudah diimplementasikan, namun terdapat beberapa kesenjangan yang terjadi. Pertama, ada ketidaksesuaian dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu pada aspek keterkaitan proses pembelajaran dengan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Kedua terdapat kesenjangan pada variabel beban belajar mahasiswa, yaitu belum adanya kesesuaian sks pada rumpun mata kuliah aljabar.
Copyrights © 2022