Perspektif
Vol 1 No 1 (2021)

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF THE POWER OF TWO TERHADAP HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA PEMBELAJARAN MA-TEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Windia Alfiani (Magister Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran sehingga diperoleh rancangan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, mandiri, serta menyenangkan sehingga pesan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi perlu ditingkatkan dengan memberikan latihan soal-soal yang berbeda dengan contoh yang telah diberikan oleh guru. Salah satunya dengan menggunakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang merupakan soal tingkatan yang kompleks. Ketika siswa dihadapkan pada soal HOTS maka akan menghasilkan berbagai cara penyelesaian dari soal tersebut. Di dalam kelas khususnya pembelajaran matematika SD terlihat proses belajar yang kurang efektif. Guru dari awal pembelajaran memulai kegiatan belajar dengan berdoa, kemudian mengabsen kehadiran siswa, menjelaskan dengan monoton dan nyaris tak menggunakan alat yang dapat memudahkan siswa dalam belajar. Dengan memperhatikan masalah di atas, sudah seharusnya dalam proses pembelajaran matematika guru perlu melakukan suatu perubahan atau inovasi yang dapat menggairahkan siswa dalam belajar. Diperlukan alternatif strategi pembelajaran yang mampu membangkitan semangat, motivasi, kreatif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan melalui penerapan strategi pembelajaran the power of two, juga mendesain sebuah media pembelajaran animasi yang menarik dengan Macromedia Flash.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Perspektif adalah jurnal ilmiah nasional multidisiplin dengan akses terbuka. Tujuan kami adalah menyebarluaskan artikel terkini dan orisinil dari para peneliti, pemerhati, peneliti, widyaiswara, praktisi, pengambil keputusan, dosen dan mahasiswa tentang masalah dalam bidang ilmu pendidikan, ...