Jurnal Instruktional
Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Instruksional

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DENGAN METODE SHIBGHAH

Djauhari, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dengan metode shibghah sebagai suatu Model Pendidikan Karakter. Penelitian dilakukan di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 15 Januari 2019 sampai dengan 13 Pebruari 2020. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menempatkan manusia sebagai subyek utama dalam peristiwa sosial budaya. Subyek dimaksud adalah mahasiswa dan pimpinan Muhammadiyah. Pengumpulan data menggunakan teknikwawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tiga tahap analisis, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, dan penggambaran kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini, pertama, Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dapat dikembangkan menjadi model Pendidikan karakter dalam rangka mewujudkan sarjana yang memiliki ghirah sebagai muslim kaaffah dan Islam berkemajuan. Kedua, Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta telah memiliki budaya yang mencirikan kampus Islami dan dikelola sesuai dengan standard Manajemen Pendidikan Islam, sehingga diharapkan dapat memberikan konstribusinyata dan efektif bagi pelaksanaan Pengembangan Model Pendidikan Karakter berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan Metode Shibghah. Terakhir, ketiga, Model Pedidikan Karakter berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan Metode Shibghah dapat dijadikan sebagai model pendidikan karakter yang dapat melahirkan sarjana muslim sekaligus sebagai kader Persyarikatan Muhammadiyah dengan Karakter Islam Berkemajuan. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

instruksional

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is a scientific journal to develop knowledge in the field of education technology. Editors invite professionals from education and researcher to write about the progress of science in the field of management of education. The journal is published 2 (two) times in 1 ...