Tuah Talino
Vol 15, No 2 (2021): TUAH TALINO

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA FABEL BANJAR

Saefuddin Saefudin (Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana bentuk pendidikan karakter dalam  cerita fabel Banjar. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui dan mendeskripsikan bentuk  pendidikan karakter  dalam cerita fabel Banjar. Masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan memiliki banyak cerita rakyat, salah satunya ialah cerita fabel. Fabel merupakan bagian dari sastra lisan dan sarana yang baik untuk dijadikan contoh pemerolehan pendidikan karakter, misalnya mengenai budi pekerti (sopan santun). Budi pekerti itu kita dapatkan melalui peran tokoh-tokoh di dalam cerita. Oleh karena itu, fabel sangat penting untuk dijadikan bahan pengayaan literasi bagi anak dan sebagai bahan penelitian, khususnya bidang sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Metode deskriptif-kualitatif ialah suatu metode untuk memperoleh informasi tentang pendidikan karakter tokoh yang terdapat dalam cerita fabel Banjar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tentang pendidikan karakter dapat diperoleh melalui tokoh cerita fabel Banjar.Kata kunci: Pendidikan karakter, fabel Banjar 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tuahtalino

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

TUAH TALINO adalah Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra yang diterbitkan oleh Balai Bahasa Kalimantan Barat. Jurnal ini merupakan jurnal penelitian yang memublikasikan berbagai laporan hasil penelitian, studi kepustakaan, dan tulisan ilmiah tentang kebahasaan dan kesastraan meliputi linguistik teoretis, ...