Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VB SDN 1 Tawangmangu semester genap tahun 2020/2021 dengan penerapan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek penelitian siswa kelas VB SDN 1 Tawangmangu sejumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar IPA. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VB SDN 1 Tawangmangu. Kondisi awal sebelum siklus rata-rata motivasi belajar IPA siswa menunjukkan angka 53,68 berkategori sedang. Siklus I mengalami peningkatan rata-rata motivasi belajar IPA siswa menjadi 69,16 berkategori tinggi. Siklus II mengalami peningkatan rata-rata motivasi belajar IPA siswa lagi menjadi 74,28 berkategori sangat tinggi.
Copyrights © 2021