Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
Vol. 7 No. 2 (2012): Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi (Psikologia)

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DITINJAU DARI JENIS KEGIATAN EXTRAKURIKULER : DIFFERENCES STUDENT’S EMOTIONAL INTELLIGENCE SEEN FROM EXTRACURRICULAR ACTIVITIES TYPE

Vety Dazeva (Unknown)
Tarmidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa SMA. Kecerdasan emosional terdiri dari aspek kemampuan mengenali emosi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi diri, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan kemampuan membina hubungan (Goleman, 2002). Kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi 5 jenis, yaitu keterlibatan prososial, tim olahraga, pertunjukan seni, keterlibatan sekolah, dan kelompok akademik. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Yapena yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yaitu sebanyak 163 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa SMA Swasta YAPENA.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi is a peer-reviewed scientific journal in psychology, managed by the Faculty of Psychology Universitas Sumatera Utara. The journal aims to accommodate the exchange of ideas among Indonesian psychologists and scientists, but also to disseminate ...