DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 5, No 2 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Dekonstruksi Dongeng Bawang Merah Bawang Putih Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar

Ni Putu Candra Prastya Dewi (STAHN Mpu Kuturan)
I Nengah Suastika (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Ada banyak cara yang dapat ditempuh dalam menanamkan nilai karakter melalui pembelajaran Bahasa. Salah satunya dengan cara memberikan dongeng kepada siswa sekolah dasar yang nantinya dikaitkan dengan materi yang akan disampaikan, sehingga pembelajaran lebih holistik. Selain itu, nilai-nilai moral yang terkandung dalam dongeng juga dapat dijadikan salah satu aspek pentingnya mengaitkan pembelajaran dengan dongeng.Tujuan penelitian ini adalah mendekonstruksi dongeng bawang merah bawang putih dalam meningkatkan karakter anak usia sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara kepada 20 orang guru sekolah dasar di Kabupaten Buleleng dan studi kepustakaan dengan mendekonstruksi nilai moral yang ada pada cerita bawang merah bawang putih. Teknik analisis data terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng bawang merah bawang putih memiliki berbagai nilai karakter dalam ceritanya sehingga dapat ditanamkan pada anak sekolah dasar. Karakter yang terdapat pada dongeng bawang merah bawang putih yaitu murah hati, penyabar, tulus ikhlas, pantang menyerah, tidak mudah mengeluh, selalui bersyukur, menghargai, kasih sayang, tanggung jawab, kerja keras, peduli lingkungan, peduli sosial, demokratis, cinta damai, disiplin, komunikasi/bersahabat, religius.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...