Ada banyak cara yang dapat ditempuh dalam menanamkan nilai karakter melalui pembelajaran Bahasa. Salah satunya dengan cara memberikan dongeng kepada siswa sekolah dasar yang nantinya dikaitkan dengan materi yang akan disampaikan, sehingga pembelajaran lebih holistik. Selain itu, nilai-nilai moral yang terkandung dalam dongeng juga dapat dijadikan salah satu aspek pentingnya mengaitkan pembelajaran dengan dongeng.Tujuan penelitian ini adalah mendekonstruksi dongeng bawang merah bawang putih dalam meningkatkan karakter anak usia sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara kepada 20 orang guru sekolah dasar di Kabupaten Buleleng dan studi kepustakaan dengan mendekonstruksi nilai moral yang ada pada cerita bawang merah bawang putih. Teknik analisis data terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng bawang merah bawang putih memiliki berbagai nilai karakter dalam ceritanya sehingga dapat ditanamkan pada anak sekolah dasar. Karakter yang terdapat pada dongeng bawang merah bawang putih yaitu murah hati, penyabar, tulus ikhlas, pantang menyerah, tidak mudah mengeluh, selalui bersyukur, menghargai, kasih sayang, tanggung jawab, kerja keras, peduli lingkungan, peduli sosial, demokratis, cinta damai, disiplin, komunikasi/bersahabat, religius.
Copyrights © 2021