Kurangnya partisipatif aktif siswa dan kesulitan guru dalam menyampaikan konsep materi pelajaran IPA yang bersifat abstrak disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya belum teraplikasinya penggunaan media dalam proses pembelajaran sehingga materi yang disampaikan bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan memvalidasi produk berbentuk media pembelajaran yang interaktif dengan konsep ebook melalui pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA di kelas IV. Penelitian ini mengadopsi konsep pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dari tahap satu sampai tahap enam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jatipamor I. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kuesioner skala likert dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian validasi ahli menunjukkan bahwa media interaktif berbasis ebook melalui pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA kelas IV dapat dikatakan sangat layak oleh pakar sesuai dengan indikator kelayakan media dan materi. Adapun pada tahap uji coba skala kecil, media yang dikembangkan juga memperoleh respon yang sangat baik dari guru maupun siswa. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis ebook diharapkan menjadi salah satu alternatif pembelajaran agar konsep dalam materi IPA bisa tersampaikan dengan baik
Copyrights © 2021