Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 4 No. 2 (2021): Desember 2021

PEMEROLEHAN KOSAKATA BERDASARKAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI SDLB C NEGERI BALIKPAPAN KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Aprilia Sulistiani (Universitas Balikpapan)
Indah Ika Ratnawati (Universitas Balikpapan)
Maryatin Maryatin (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbahasa anak tunagrahita yang merujuk pada kondisi lemahnya pikiran pada anak atau terbelakang mental. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan kosakata berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita. Subjek pada penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan dan anak tunagrahita sedang. Anak tunagrahita yang memiliki masalah kemampuan berpikir di bawah rata-rata anak normal pada umumnya sehingga berdampak pada pemerolehan kosakatanya. Jenis kosakata pada penelitian ini dibatasi pada (a) kata benda, (b) kata kerja, (c) kata sifat, (d) kata bilangan, (e) kata sapaan, dan (f) kata penunjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian psikolinguistik. Data dalam penelitian ini berupa tulisan yang dihasilkan oleh 6 anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa pedoman wawancara, kartu data, lembar kerja siswa, gawai, alat tulis dan laptop. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil pemerolehan kosakata sebanyak 218 kosakata. Pemerolehan kosakata yang diperoleh SYR sebanyak 166 kosakata, ZNL sebanyak 10 kosakata, RY sebanyak 44 kosakata, AL sebanyak 69 kosakata, DP sebanyak 124 kosakata, ME sebanyak 55 kosakata. Pemerolehan kosakata didominasi oleh kata benda sebanyak 104 kosakata dan kata bilangan sebanyak 82 kosakata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan kosakata tidak dipengaruhi oleh usia namun dipengaruhi oleh klasifikasi ketunagrahitaan, kemampuan berbahasa dan kemampuan akademik, serta penyesuaian diri pada anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...