JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2: September 2016 - Februari 2017

Analisis Cluster Psikografis Konsumen Kediri Town Square

Amin Tohari (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Perkembangan pusat perbelanjaan yang semakin pesat di kota Kediri menimbulkan adanya persaingan usaha, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran seperti segmentasi konsumen pada komponen demografis dan psikografis. Dalam statistika, komponen-komponen tersebut dapat dinyatakan sebagai variabel. Untuk meringkas data dengan banyak variabel, akan digunakan analisis cluster dengan metode k-means cluster. Data yang digunakan adalah data hasil penyebaran kuisioner kepada konsumen Kediri Town Square. Analisis cluster akan dilakukan pada komponen psikografis konsumen Kediri Town Square. Metode sampling yang digunakan adalah systematic random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 responden. Analisis cluster menghasilkan empat segmen yaitu segmen yang dicirikan oleh konsumen yang lebih mempertimbangkan kualitas karena kualitas bagi mereka adalah nomer satu, segmen yang dicirikan oleh konsumen yang setia dengan merek, segmen yang tidak mempermasalahkan harga, dan segmen yang impulsive yaitu konsumen yang suka membeli barang yang tidak direncanakan sebelumnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...