JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology)
Vol. 3 No. 1 (2019)

Deteksi Pemeran Kunci pada Kelompok Jaringan yang Terbentuk Berdasarkan Pola Interaksi Produk Indihome di Media Sosial Twitter

Arina Nahya Nurnafia (Telkom University)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang telekomunikasi terbesar di Indonesia. Perusahaan BUMN itu memiliki anak perusahaan yang menghasilkan beberapa produk. Salah satu produk PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang banyak digunakan oleh para pelanggannya adalah IndiHome dengan dibuktikan pada laporan kinerjanya tumbuh mencapai 97,0% YoY. Banyaknya pelanggan produk IndiHome akibat ramainya perbincangan di media sosial pada saat momentum Piala Dunia 2018. Salah satunya perbincangan tersebut ramai di media sosial Twitter. Pada media sosial Twitter dapat melakukan analisis konteks sosial menggunakan sistem komputasi atau biasa disebut dengan Social Computing. Metode yang kali ini digunakan adalah Social Network Analysis (SNA) dengan mengidentifikasi pola interaksi sosial yang terjadi antar pengguna dalam suatu jaringan. Penelitian ini berjudul œDeteksi Pemeran Kunci Pada Kelompok Jaringan Yang Terbentuk Berdasarkan Pola Interaksi Produk IndiHome Di Media Sosial Twitter" yang bertujuan sebagai identifikasi aktor yang paling memiliki pengaruh pada interaksi percakapan mengenai produk IndiHome pada tahun 2018 yang dapat diprediksi sebagai penggerak opini dalam diseminasi informasi pada jaringan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan semua tweet (reply, mention, dan retweet) yang berisi percakapan menggunakan bahasa Indonesia mengenai produk IndiHome pada tahun 2018 pada rentang waktu 14 Juni 2018 - 28 Juni 2018 tanpa batasan lokasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode SNA. Ukuran yang diteliti adalah degree centrality, closeness centrality, betweeness centrality, dan eigenvector centrality. Hasil penelitian yang dilakukan dengan pengambilan data periode 14 hari dari tanggal 14 Juni hingga 28 Juni 2018 menunjukan bahwa secara keseluruhan didapatkan 5660 aktor (nodes) yang terlibat dalam jaringan, dan 6186 interaksi (edges) dengan tipe visualisasi grafik yaitu directed. Key Player dalam jaringan interaksi percakapan mengenai IndiHome di media sosial Twitter adalah @TelkomCare (akun customer service PT. Telkom Indonesia) dan @fbajri (pengguna Twitter yang aktif membuat forum diskusi dan berbagi informasi mengenai teknologi). Kata Kunci” Big Data, Community Detection, Analisis Jejaring Sosial, Pemeran Kunci, Media Sosial

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jieet

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Journal Description: JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) is a scientific journal that publishes the peer-reviewed research papers in the field of Computer Engineering, Distributed and Parallel Systems, Business Informatics, Computer Science, Computer Security, ...