Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020

Penerapan Pendekatan Pakem melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sifat - Sifat Bangun Datar di Kelas 2 SD Negeri Bendo 2 Kota Blitar

nasiatut tamimah (SDN Bendo 02 Kota Blitar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas II SD Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar belum optimal.. Dari rumusan masalah tersebut, pemecahannya adalah menggunakan langkah-langkah pendekatan PAKEM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas II SD Negeri Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 26 orang. Dalam pelaksanaannya penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Dari hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya yaitu dilihat dari segi keaktifan siswa, keaktifan guru maupun hasil belajar siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebesar 45%, dan pada siklus II meningkat menjadi 65%. Kemudian data tentang hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,5 dengan ketuntasan siswa sebesar 60% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,5 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai, dapat disimpulkan penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas serta hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...