Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga sistem pengapian konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperiment, dengan populasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan 45 Kota Bima jurusan teknik mesin yang terdiri dari 36 siswa. hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar kelistrikan otomotif dengan menggunakan alat peraga sistem pengapian konvensional. dengan nilai rata-rata (pre-test) sebesar 56,11 dan nilai rata-rata setelah menerapkan pembelajaran menggunakan alat peraga sistem pengapian (post-test) sebesar 73,33. sehingga terjadi peningkatan 30,68% dapat dikatakan bahwa penggunaan alat peraga sistem pengapian konvensional pada matapelajaran kelistrikan otomotif telah berjalan dengan baik setelah menggunakan alat peraga sistem pengapian. Hal ini memberikan bukti bahwa ada peningkatan (taraf signifikan 5%) hasil belajar Kelistrikan Otomotif dengan menggunakan alat peraga sistem pengapian konvensional pada siswa SMK 45 Kota Bima Jurusan Tekhnik Mesin.
Copyrights © 2019