Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang direncanakan dalam beberapa siklus dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII DPIB SMKN 2 Kota Bima dengan jumlah Siswa 16 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki semua. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dengan rumusan masalah adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XII DPIB SMKN 2 Kota Bima pada pokok bahasan Bekerja Keras dan Tanggung Jawab tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning Melalui Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XII DPIB SMKN 2 Kota Bima pada pokok bahasan Taat Pada Aturan tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) data tentang kegiatan proses pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. (2) Hasil belajar Siswa dikumpulkan dengan memberikan tes pada setiap akhir siklus. Ketentuan belajar dikatakan tuntas jika ³ 85% siswa kelas XII DPIB SMKN 2 Kota Bima mendapat nilai > 75 pada tes akhir tiap siklusdan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif atau baik sesuai dengan standar skor yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: Siklus I; nilai rata-rata hasil belajar siswa 72,81dengan persentase ketuntasan belajarnya sebesar 62,5%, dan aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua adalah sebesar 65% yang tergolong pada kategori cukup aktif. Dan terjadi peningkatan pada Siklus II; nilai rata-rata hasil belajar naik menjadi 80,31 dengan presentase ketuntasan belajarnya 93,75% dan aktivitas belajar siswa 95% berada pada kategori sangat aktif. Hasil tersebut menunjukkan sudah tercapainya indikator penelitian yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning Melalui Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XII DPIB SMKN 2 Kota Bima pada pokok bahasan Bekerja Keras dan Tanggung Jawab tahun pelajaran 2019/2020.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021