Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Panjangrejo Kabupaten Bantul

Isni Rahmawati (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial Tik Tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Negeri 1 Panjangrejo Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data angket, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Panjangrejo dengan jumlah siswa 62 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validasi, uji normalitas, dan uji T (uji hipotesis). Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi Micrososft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada uji linearitas yang diperoleh nilai significance from linier adalah 0,75. Hal ini menunjukkan bahwa df>0,05 dan dapat diinterpretasikan bahwa terdapat hubungan linier yang signifikan antara X dan Y. Dari tabel hasil Uji T menunjukkan bahwa lebih besar dari yaitu 14.21978769>2.042272456. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif atau pengaruh antara variabel aplikasi Tik Tok dan Prestasi Belajar Peserta Didik di SD N 1 Panjangrejo Pundong Kabupaten Bantul. Kata Kunci: Media sosial, Aplikasi Tik Tok, Prestasi belajar ABSTRACT The purpose of this study is to find out how much influence Tik Tok social media has on the learning achievement of students at SD Negeri 1 Panjangrejo, Bantul Regency. This study uses quantitative research by collecting questionnaire data, documentation and observation. The subjects of this study were fourth grade students of SDN 1 Panjangrejo with a total of 62 students. The data analysis method used is validation test, normality test, and T test (hypothesis test). Data processing in this study using Microsoft Excel 2010 application. The results of this study indicate that the linearity test obtained the significance value from linear is 0.75. This shows that df> 0.05 and can be interpreted that there is a significant linear relationship between X and Y. From the table the results of the T test show that r_count is greater than r_table, namely 14.21978769>2.042272456. This shows that there is a positive correlation or influence between the variables of the Tik Tok application and the learning achievement of students at SD N 1 Panjangrejo Pundong, Bantul Regency. Keywords: Social media, Tik Tok application, learning achievement

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos : Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi yang diterbit oleh kampus STKIP Bima, menerima dan menerbitkan hasil penelitian dari berbagai bidang keilmuan pada scope kependidikan. Pedagogos : Jurnal Pendidikan terdaftar pada LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terbit secara ofline/ ...