Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Madat dalam pembelajaran tentang pelaku ekonomi melalui penerapan pembelajaran teknik group investigation (GI) tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana peneliti bertindak sebagai pemberi tindakan, siswa sebagai subyek penelitian, dan guru ekonomi sebagai pengamat selama proses pembelajaran berlangsung. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X-D SMA Negeri 1 Madat tahun pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tentang pelaku ekonomi di kelas X MIA Semester 1 di SMA Negeri 1 Madat tahun pelajaran 2020/2021. 2) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIA Semester 1 di SMA Negeri 1 Madat tahun pelajaran 2020/2021.
Copyrights © 2021