Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Implementasi Manajemen Pembelajaran Membaca Al-Qur’ān Metode Al-Tartīl dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’ān di SDN Kepanjen 2 Jombang

Auliyah, Khusnul (Unknown)
Suwarno, Suwarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Pembelajaran membaca al-Qur’ān yang baik membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu setiap anak atau orang yang belajar membaca al-Qur’ān. Sistem belajar yang tidak terencana dengan baik dan berkesinambungan, tidak akan banyak memberikan banyak pengetahuan dan kemampuan membaca dan memahami al-Qur’ān bagi anak di kemudian hari, oleh karena itu perlu adanya manajemen pembelajaran al-Qur’ān. Penelitian ini bertujuian untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen pembelajaran membaca al-Qur’ān metode al-Tartīl di SDN Kepanjen 2 Jombang, mendeskripsikan tentang pelaksanaan manajemen pembelajaran membaca al-Qur’ān metode al-Tartīl di SDN Kepanjen 2 Jombang, serta mendeskripsikan tentang evaluasi pembelajaran membaca al-Qur’ān metode al-Tartīl. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa data menurut Menurut Miles & Huberman analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, Pada tahap perencanaan pembelajaran al-Qur’ān terlebih dahulu dilaksanakan dengan pengorganisasian melalui rapat yang melibatkan seluruh stekholder, termasuk wali murid. Pada tahap pelaksanaan manajemen pembelajaran al-Qur’ān metode al-Tartīl terdapat 3 tahapan dalam pembelajaran al-Qur’ān metode al-Tartīl di SDN Kepanjen 2 Jombang, yakni meliputi, Pembukaan, Pelaksanaan pembelajaran (penerapan metode jabaraīl (3 M)), Evaluasi. Pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran al-Tartīl di SDN Kepanjen 2 Jombang terdapat 2 evaluasi yaitu siswa dan guru, untuk tahapan evaluasi bagi siswa, terdapat 2 tahapan evaluasi yaitu, tes kenaikan jilid, di uji oleh guru kelas dan munaqasyah, di uji oleh BMQ al-Tartīl cabang Jombang. Sedangkan untuk evaluasi bagi guru juga terdapat 2 macam evaluasi, yaitu temu guru al-Qur’ān SDN Kepanjen 2 Jombang setiap bulan sekali dan temu guru al-Qur’ān se kabupaten Jombang setiap satu bulan sekali

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...