Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru Penjasorkes dalam membelajarkan siswa SMP di Kota Singaraja. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi di lapangan tentang pembelajaran Penjasorkes. Permasalahan yang ditemukan adalah (1) guru kurang memahami konsep dan tujuan Penjasorkes, (2) guru kurang memahami meta teori pembelajaran, (3) guru kurang memahami cara mengevaluasinya.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data penelitian, dilakukan observasi naturalistik selama proses pembelajaran dan melalui diskusi kelompok.Hasil penelitian ini adalah guru sudah ada peningkatan dalam melakukan pembelajaran. Pembelajaran sudah dikemas dalam bentuk permainan sehingga siswa semangat, dan gembira mengikuti pembelajaran. Jadi konsep dan tujuan Penjasorkes sudah dilaksanakan oleh guru. Lokakarya yang dilakukan dan diskusi kelompok merupakan kunci keberhasilan guru dalam meningkatkan kinerjanya.Simpulan dari penelitian ini adalah guru sudah paham akan konsep dan tujuan Penjasorkes, meta teori pembelajaran, serta cara mengevaluasi siswanya. Disarankan agar guru Penjasorkes membuat kegiatan lokakarya dan intens untuk diskusi dengan teman sejawat di MGMP agar terjadi peningkatan kinerja dalam membelajarkan siswanya.Kata-kata Kunci: kinerja guru, Penjasorkes, membelajarkan siswa
Copyrights © 2016