Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)

Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Hullahop Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Pakusari

Dewi Irma Ristanti (Unknown)
Wawan Setiawan (Unknown)
Donny Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Senam ini dikatakan sebagai aktivitas dasar dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari kemampuan komponen motorik atau gerak seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelenturan, kelincahan, dan ketepatan. Salah satu contoh senam lantai adalah gerakan dengan melakukan guling depan dan guling belakang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (action research). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran senam lantai menggunakan media hulahoop. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakusari yang berjumlah 30 anak, terdiri atas siswa putra sebanyak 15 anak dan siswa putri sebanyak 15 anak. Instrumen dalam penelitian ini merupakan alat yang digunakan untuk mengungkap atau menggambarkan objek penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes unjuk kerja guling depan. Dari hasil penelitian pembelajaran senam lantai guling depan dan guling belakang tersebut dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran senam lantai guling depan dan guling belakang menggunakan media hulahoop yang dilakukan dalam 2 siklus, terbukti mampu meningkatkan hasil pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 PAKUSARI Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kejaora

Publisher

Subject

Humanities Education Physics

Description

Jurnal Kejaora merupakan kumpulan dari jurnal hasil-hasil penelitian, kajian pustaka dan karya ilmiah dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan rekreasi. Diterbitkan secara berkala dua kali per tahun pada Bulan April dan November oleh Jurusan (Program Studi) Pendidikan Jasmani ...