JURNAL MANAJEMEN
Vol 13, No 4 (2021)

Pengaruh tingkat pendidikan, kompetensi dan komunikasi terhadap organizational citizenship

Rahmaninda, Dyah Ayu (Unknown)
Kirana, Kusuma Candra (Unknown)
Herawati, Jajuk (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Hotel merupakan sarana penunjang dalam memberikan pelayanan jasa penginapan bagi pengunjung yang melakukan perjalanan atau berlibur. Pengelolaan sebuah hotel tidak terlepas dari sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan hal yang penting bagi kelancaran suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah. Mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, kompetensi dan komunikasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Yellow Star Hotel Gejayan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di atas 1 tahun yaitu sejumlah 122 karyawan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship pada Hotel Yellow Star Gejayan. Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap organiztional citizenship pada Hotel Yellow Star Gejayan dengan nilai koefisien sebesar 0,334. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan kompetensi terhadap organizational citizenship. Jadi semakin tinggi tingkat kompetensi seseorang maka organizational citizenship akan mengalami peningkatan.. Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap organiztional citizenship pada Hotel Yellow Star Gejayan. Tingkat pendidikan, kompetensi dan komunikasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap organiztional citizenship pada Hotel Yellow Star Gejayan dengan nilai FHitung sebesar 113,810.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JURNALMANAJEMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July). ...