Keterampilan dasar passing merupakan salah satu faktor penting untuk tercapainya tujuan permainan, diperlukan suatu pemberian latihan efektif untuk menunjang keberhasilan dalam bermain futsal. Penilitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas dari pemberian metode latihan passing pasif dan aktif terhadap keterampilan passing pada siswa ekstrakurikuler futsal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain two group pre-test post-test design. Jumlah sampel sebesar 20 siswa. Analisis data yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 yang diolah dengan SPSS 25. Hasil penelitian yang dilakukan memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh dari pemberian latihan passing aktif terhadap keterampilan dasar futsal dengan pembuktian nilai signifikansi sebesar 0,000, selanjutnya terdapat pengaruh yang serupa dari pemberian latihan passing pasif dengan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,019. Adapun perbedaan pemberian kedua latihan tersebut dibuktikkan dari uji independent t-test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,039.
Copyrights © 2021