Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
Vol. 7 No. 2 (2021): Juni 2021

Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal

Tommi Fajero (Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman)
Rifqi Festiawan (Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman)
Dewi Anggraeni (Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman)
Ngadiman (Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman)
Didik Rilastiyo Budi (Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran daring adalah metode pembelajaran dengan memanfaatkan media TIK sebagai penunjang proses pembelajaran. TPACK merupakan pengetahuan dan keterampilan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Kepuasan peserta didik dalam penggunaan metode pembelajaran adalah sebagai perspektif pengalaman peserta didik setelah menggunakan atau merasakan suatu metode yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri se-Kota Tegal. Menggunakan sampel 375 peserta didik dengan teknik proportionate starfied random sampling, Analisis data dengan cara mendeskripsikan berdasarkan data yang telah terkumpul. Keseluruhan komponen TPACK dalam implementasi metode pembelajaran daring di SMA Negeri se-Kota Tegal dirasa puas oleh peserta didik. Komponen Technological Knowledge memperoleh nilai indeks 68,42%, Pedagogical Knowledge memperoleh nilai indeks 66,66%, content Knowledge memperoleh nilai indeks 66,86%, Technological Content Knowledge memperoleh nilai indeks 72,88%, Pedagogical Content Knowledge memperoleh nilai indeks 67,69%, Technological Pedagogical Knowledge memperoleh nilai indeks 71,63%. (1) Implementasi metode pembelajaran daring di SMA Negeri se-Kota Tegal menunjukkan kategori puas pada setiap komponen, (2) Nilai persentase terendah pada komponen Pedagogical Knowledge dengan nilai indeks 66,66%, (3) Nilai persentase teretinggi pada komponen Technological Content Knowledge dengan nilai indeks 72,88%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada SMA Negeri Se-Kota Tegal berdasarkan kerangka kerja TPACK sudah terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpkr

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Physics Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi adalah jurnal pendidikan dan kesehatan yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juni. Memuat tulisan berbahasa Indonesia ...