Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui profil komunitas Isti beauty serta untuk mengetahui peranan jaringan sosial dalam komunitas isti beauty community. Penentuan informan dalam penelitian ini dengan purposive sampling yang melibatkan ketua komunitas dan anggota komunitas yang telah menjadi coreteam sebanyak 4 orang dalam komunitas bisnis isti beauty community. metode penentuan data dalam penelitian ini dengan wawancara kepada informan serta menggunakan data sekunder sebagai penguat fakta lapangan sehingga haris yang didapatkan berdasarkan masalah yang diangkat: a) Profil Komunitas Isti Beauty merupakan jaringan MLM yang menggunakan pola matahari/sistem binnary break away, komunitas ini telah memiliki 6 jaringan bawahan yang aktif / Core team , rata rata penghasilan sebanyak 7 juta perbulan dengan produk hero yang dipasarkan ialah Odol dan Hair and body care. b) Jaringan Sosial dalam sebuah Komunitas yang dibentuk dalam bisnis MLM membantu meningkatkan daya saing serta mampu menjadi kunci pada perkembangan jaringan bisnis isti beauty. Dalam memperluas jaringannya ia mengandalkan sosial media untuk merekrut anggota dengan memberikan kepercayaan berupa prestasi dan kualitas produk, norma yang dibangun dalam komunitas ini berupa aturan tertulis maupun tidak tertulis, serta rutin dalam mengadakan pelatihan untuk membangun mindset bisnis yang mampu menunjang prestasi dan point anggota jaringan.
Copyrights © 2021