Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Lesson pada pokok bahasan Usaha dan Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Model pembelaran Problem Based Learing melalui Lesson Study. Sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional melalui Lesson Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Al-Hamzar Tembeng Putik kelas X yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah siswa 58 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa essay yang berjumlah 6 butir soal. Penyusunan tes ini mengacu pada indikator berpikir kritis dengan berbagai macam kemungkinan jawaban. Berdasarkan pelaksanaan Lesson Study  pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh perbaikan pada proses pelaksanaan pembelajaran, dari segi pengorganisasian waktu dan siswa serta saat melakukan apersepsi. Hasil uji hipotesis menggunakan  uji-t didapatkan t-hitung = 1.25 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,07. dengan  demikian  t-hitung  >  t-tabel  yang  berarti  hipotesis  yang  diajukan diterima  atau Ha diterima dan Ho  ditolak,  artinya  bahwa “Ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning melalui Lesson Study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi usaha dan energi kelas X SMA Al-Hamzar Tembeng Putik DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2756  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020