JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol 1 No 2 (2019): July Edition

Analisis Kemampuan Bercerita Siswa dengan Metode Kerja Kelompok Kecil Siswa Kelas III Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Negeri 02 Penjor Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019

Azaz Uddin (STKIP PGRI TULUNGAGUNG)
Nourma Oktaviarini (STKIP PGRI TULUNGAGUNG)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2019

Abstract

Analisis kemampuan bercerita siswa dengan metode kerja kelompok kecil siswa kelas iii tema 6 energi dan perubahannya di sd negeri 02 penjor kecamatan pagerwojo kabupaten tulungagung tahun ajaran 2018/2019 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan bercerita siswa kelas III SD Negeri 02 Penjor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 17 siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukan hasil perhitungan keseluruhan kemampuan bercerita siswa kelas III di SD Negeri 02 Penjor menunjukkan angka 501 dengan prosentase sebesar 84% dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil bercerita siswa dengan kategori “sangat baik” maka pembelajaran keterampilan bercerita dengan menggunakan model pembelajaran kerja kelompok kecil ini dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik dalam menggunakan dan mengucapkan kalimat dengan bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...