JURNAL DIVERSITA
Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI

PENGARUH KONSELING REALITA DALAM MENGEMBANGKAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA ASING DI FIP UNIMED

Tusilawati Tusilawati (Unknown)
Nur’aini Nur’aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengembangan penyesuaian diri mahasiswa Malaysia dalam berinteraksi dengan teman sekelas di jurusan Psikologi Pendidikaan dan Bimbingan FIP Unimed sebelum dan sesudah diberi layanan konseling realita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Asing di FIP Unimed dengan jumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Instrumen diberikan pada ertemuan pertama sebelum  tindakan dan setelah tindakan pada pertemuan kedua, ketiga dan keempat. Teknik analisis data pada penelitian ini dalam bentuk teks naratif yang menjelaskan perkembangan yang terjadi pada konseli berdasarkan hasil angket dan wawancara dengan konseli.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan konseling realita terhadap penyesuaian diri mahasiswa Asing di FIP Unimed. Dari ketiga konseli yang awalnya memiliki penyesuaian diri yang rendah setelah mendapatkan tindakan konseling realita menjadi memiliki penyesuaian diri tinggi. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa pemberian konseling realita mempengaruhi  pengembangan penyesuaian diri mahasiswa Malaysia di FIP Unimed, khususnya dalam berinteraksi dengan teman sekelas di jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan dapat diterima. Kata Kunci : Konseling Realita, Penyesuaian Diri

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...