Kecemasan merupakan hal yang dihadapi anak sebelum melakukan sirkumsisi. Terapi video game dilakukan untuk mengurangi tingkat kecemasan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh terapi video game terhadap tingkat kecemasan anak pre sirkumsisi. Desain penelitian ini yaitu Quasy eksperimental dengan pendekatan two group pre and post ekperimental design. Sampel yang diambil menggunakan teknik Quota Sampling di Klinik KRJ Fasyfini (Ganjaran Sehat) Kecematan Gondanglegi Kabupaten Malang dan Perawat praktek mandiri Bastamil Anwar Azis, S.Kep, Ns Desa Klepu Kecematan Sumbermanjing sebanyak 30 responden. Pengukuran kecemasan menggunakan kuisioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale). Hasil Uji Mann Whitney saat dilakukan post-test untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai p 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa setelah dilakukan terapi video game, hipotesis dapat diterima artinya ada pengaruh pemberian terapi video game terhadap tingkat kecemasan anak pre sirkumsisi.
Copyrights © 2021