INOVTEK POLBENG
Vol 11, No 2 (2021): INOVTEK VOL.11 NO.2 2021

Analisis Kekuatan Memanjang Akibat Perubahan Panjang pada Kapal Feri Ro-Ro 687 GT

Amalia Ika Wulandari (Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan)
Alamsyah Alamsyah (Unknown)
Ayuna Noor aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2021

Abstract

Abstrak Kekuatan struktur konstruksi merupakan salah satu aspek teknis yang turut mempengaruhi tingkat keamanan kapal. Secara teoritis, penambahan panjang pada kapal akan berpengaruh pada kekuatan memanjang kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui analisa kekuatan memanjang kapal feri ro-ro 687 GT menggunakan aplikasi berbasis finite element method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-linier finite element method (NLFEA). Hasil yang didapatkan pada kondisi hogging yakni tegangan di deck senilai 60.95 N/mm2 dan di bottom senilai -68.71 N/mm2. Sedangkan pada kondisi sagging menghasilkan tegangan di deck senilai 43.81 N/mm2 dan di bottom senilai -47.34 N/mm2. Untuk momen ultimate pada kondisi hogging yakni bernilai 1.49 x 1012 Nmm dan momen total bernilai 0.16 x 1012 Nmm. Sedangkan pada kondisi sagging, momen ultimate bernilai -1.42 x 1012 Nmm dan momen total bernilai -0.15 x 1012 Nmm. Kekuatan memanjang akibat perubahan panjang pada kapal memenuhi persyaratan Rules BKI dengan faktor keamanan diatas 1.1 untuk kondisi sagging dan 1.21 untuk kondisi hogging. Kata kunci : Kekuatan Memanjang, Momen Curvature, Ro-Ro

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IP

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi dan Teknologi Politeknik Negeri Bengkalis merupakan jurnal berbasis penelitian ilmiah. Artikel ilmiah dapat berupa hasil penelitian, artikel penelitian asli, review dan kajian ...