DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Vol. 8 No. 2 (2021): Didaktika Tauhidi : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Persepsi Guru Pembimbing Khusus terhadap Manfaat Model Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SiPAO) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif

Rasmitadila, Rasmitadila (Unknown)
Widyasari, Widyasari (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2021

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh guru pembimbing khusus (GPK) dalam membantu siswa yang tergolong anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah sulitnya merancang strategi pembelajaran bersama dengan guru kelas yang efektif yang dapat memenuhi semua kebutuhan siswa ABK dengan berbagai karakteristik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendapat GPK terhadap manfaat strategi pembelajaran berbasis sistem pembelajaran alamiah otak (SiPAO) bagi siswa ABK di kelas inklusif. Penelitian ini melibatkan 12 GPK dari sekolah dasar inklusif di tiga provinsi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur. Analisis data yang digunakan adalah teknik tematik analisis. Hasil penelitian menemukan empat tema utama, yaitu motivasi belajar siswa ABK, pengalaman belajar siswa ABK, keterampilan sosial siswa ABK, dan kompetensi GPK. Penelitian ini telah memberikan dampak positif untuk meningkatkan aspek akademik dan non-akademik bagi siswa ABK dan pengembangan kompetensi guru bagi GPK. Temuan pada penelitian ini berkontribusi pada pendekatan pembelajaran sebagai model strategi pembelajaran untuk membuat kelas inklusif menjadi lebih efektif dan produktif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtdik

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Didaktika Tauhidi:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is an Indonesian-language scientific periodicals published by the Faculty of Education twice times a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year. All submitted manuscripts will go through ...