Penelitian ini menyoroti persoalan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 di mana proses pembelajaran pada awal pandemi tidak memungkinkan untuk dilaksanakan pembelajaran tatap muka, dengan demikian diperlukan langkah kepemimpinan yang cepat dan fleksibel adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah kebijakan strategis kepala madrasah untuk memfasilitasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (2) Untuk mendeskripsikan pola kepemimpinan kepala madrasah di tengah pandemi Covid-19 (3) untuk mendeskripsikan pola pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yakni: teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sebagai pemimpin kepala madrasah sangat memegang peranan penting dalam menciptakan susana aman dan nyaman di lingkungan kepemimpinannya. Untuk meningkatkan efektif efesiensi proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 kepala MAN 1 Lombok Tengah menyusun rencana, taktik atau langkah strategis. Adapun langkah-langkah kebijakan kepemimpinan kepala madrasah di masa pandemi covid-19 yaitu menyusun rencana dan anggaran kegiatan pendidikan di tengah pandemi covid-19, membentuk teamwork untuk penangan covid-19, menjalin kerja sama dengan pihak eksternal untuk memenuhi kebutuhan fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar di tengah pandemi covid-19, memastikan para guru dan peserta didik siap dengan fasilitas pembelajaran dari rumah, dan melakukan pengendalian serta pengawasan terhadap kegiatan pembelajaran daring.
Copyrights © 2021