Jurnal Ilmiah SEMANTIKA
Vol. 1 No. 1 (2019): Agustus

PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA SASTRA LEGENDA BERMUATAN MULTIKULTURAL

Hany Uswatun Nisa (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2019

Abstract

Buku pengayaan merupakan komponen yang sangat penting yang digunakan guru dalam pembelajaran. Buku pengayaan yang baik dapat membantu peserta didik dalam kecendrungan dititikberatkan hanya ada satu buku pengayaan. Padahal banyak pilihan sumber buku yang dapat digunakan. Pembelajaran membaca sastra legenda merupakan salah satu kompetensi dasar dalam kurikulum sekolah menegah pertama (SMP) kelas VIII. Maka dari itu perlu pengembangan buku pengayaan membaca sastra legenda. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui keefektifan penggunaan buku pengayaan membaca sastra legenda berkonteks multikultural untuk peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Reseach and Development). Hasil uji keefektifan membaca sastra legenda berkonteks multicultural menyatakan buku ini efektif digunakan dengan berdasarkan hasil uji t di SMP N 1 ketanggungan, nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Artinya kedua perlakuan tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Dengan kata lain hasil postes lebih baik daripada pretes yaitu 88,79 dibandingkan nilai rata-rata pretest yaitu 69,88.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

semantika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Hasil penelitian, tinjauan pustaka ( literature review ) dan/atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya, yang khusus mengkaji Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Sastra Indonesia, Pembelajaran BIPA, Sastra Murni, Linguistik, dan Teknologi Pembelajaran Bahasa ...