MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta
Vol 6 No 1 (2020): MEDIKONS

Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Sikap Sosial Teman Sebaya Pada Siswa SMP Negeri I Colomadu Kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018

Erlina Puji Rahayu (Universitas Slamet Riyadi)
Sri Hartini (Universitas Slamet Riyadi)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Sikap Sosial Siswa Teman Sebaya Pada Siswa SMP Negeri I Colomadu Kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018”.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C di SMP N 1 Colomadu tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 33 orang siswa. Dari jumlah anggota populasi tersebut semuanya digunakan sebagai sampel. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini adalah total sampling (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode, angket, observasi dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang sikap sosial siswa teman sebaya, metode observasi dipergunakan untuk mengetahui ciri-ciri sikap sosial, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data  kegiatan selama penelitian dan data pendukung lainya. Teknik analisis data dengan.Berdasarkan hasil data dengan teknik analisis data , dapat dibuktikan dengan t hitung = 19,06 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (33-1) = 32 dalam taraf signifikansi 5% =2,036. Sehingga di peroleh kesimpulan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap sikap sosial siswa teman sebaya pada siswa SMP Negeri I Colomadu Kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 19,06 > 2,036. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi  “ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap sikap sosial siswa teman sebaya pada siswa SMP Negeri I Colomadu Kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.Kata kunci : Bimbingan kelompok, Sikap sosial, Teman sebaya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mdk

Publisher

Subject

Education

Description

Medikons, publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least peer-reviewers using blind review method. Medikons publishes articles on practice, theory, ...