Latar Belakang: Pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri yang dapat didukung oleh kesiapan belajar mandiri (SDLR). Tingkat SDLR dapat mempengaruhi dan memperkirakan keberhasilan belajar seseorang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 129 mahasiswa tahun pertama FK UMSU tahun ajaran 2018/2019 yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil: Sebagian besar mahasiswa memiliki skor SDLR tinggi dengan 97 mahasiswa, kemudian disusul dengan skor SDLR sedang sebanyak 32 mahasiswa (24,8%), dan tidak ada mahasiswa dengan skor SDLR rendah (0%). Dari nilai ujian akhir blok, sebagian besar siswa memperoleh prestasi lulus dengan jumlah 55 siswa (42,6%). Dari uji Kruskal-Wallis diperoleh nilai P sebesar 0,568. Artinya tidak ada korelasi antara kesiapan belajar mandiri dengan skor blok pertama. Kesimpulan: Kesiapan belajar mandiri tidak ada hubungan dengan nilai blok I mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tahun ajaran 2018/2019.Kata kunci: kesiapan belajar mandiri, pembelajaran mandiri, SDLR, prestasi belajar, skor blok pertama.
Copyrights © 2021