Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 1 (2022)

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD

Sri Kundarsih (Universitas Muria Kudus)
Su’ad Su’ad (Universitas Muria Kudus)
Santoso Santoso (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 1 pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Faktor– faktor yang menyebabkan hasil belajar matematika masih rendah salah satunya adalah masih kurangnya penggunaan media yang menarik dan menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis efektivitas media pembelajaran kontekstual  berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan Tes tetulis. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Sampel penelitian ini dilakukan dengan Purpose sampling. data Aanalisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil uji efektivitas melalui uji coba produk pada independent Paired Sampel t test, Nilai rata-rata  pre test sebesar 42.02 dan Nilai rata-rata posttest sebesar 78.81 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar  siswa kelas 1 di SD setelah menggunakan media pembelajaran kantong bilangan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...