Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 5, No 6 (2021)

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wiyata, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2021

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi dari penelitian ini adalah  bagaimana upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII A dengan model Rroblem Based Learning (PBL) di MTS Muhammadiyah Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022.  Metode  dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research).  Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTS  Muhammadiyah Trucuk Klaten. Adapun waktu penelitian ini direncanakan selama 6 bulan. Waktu penelitian dimulai dari  Maret  hingga Oktober 2021 Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIA yang berjumlah 30 orang.  Adapun Langkah – langkah  dari penelitian tindakan : perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi pada masing – masing langkah menggunakan dua siklus. Hasil penelitian pada pra siklus dapat menunjukkan tingkat keaktifan peserta didik rata rata 62%. Sedangkan pada siklus I  rata-rata keaktifan peserta didik dari indikator 1 sampai dengan 12 mencapai 74 % Pada  siklus II keaktifan peserta didik dengan rata-rata 73%.  Dengan demikian disimpulkan bahwa adanya peningkatan terhadap keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pada materi perumusan dan pengesahan UUD NRI 1945 di MTS Muhammadiyah Trucuk Klaten.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...