Permasalahan yang melatarbelakangi dari penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII A dengan model Rroblem Based Learning (PBL) di MTS Muhammadiyah Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTS Muhammadiyah Trucuk Klaten. Adapun waktu penelitian ini direncanakan selama 6 bulan. Waktu penelitian dimulai dari Maret hingga Oktober 2021 Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIA yang berjumlah 30 orang. Adapun Langkah – langkah dari penelitian tindakan : perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi pada masing – masing langkah menggunakan dua siklus. Hasil penelitian pada pra siklus dapat menunjukkan tingkat keaktifan peserta didik rata rata 62%. Sedangkan pada siklus I rata-rata keaktifan peserta didik dari indikator 1 sampai dengan 12 mencapai 74 % Pada siklus II keaktifan peserta didik dengan rata-rata 73%. Dengan demikian disimpulkan bahwa adanya peningkatan terhadap keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pada materi perumusan dan pengesahan UUD NRI 1945 di MTS Muhammadiyah Trucuk Klaten.
Copyrights © 2021