Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 5, No 1 (2021): Indonesian Journal of Education and Learning

PENERAPAN PENDEKATAN SOFT SKILL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN IRAMA MUSIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI JAMBEWANGI

Siti Malikah (SD Negeri Jambewangi)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Jambewangi Kabupaten Magelang, masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis puisi disebabkan oleh dua faktor. Pertama, yaitu faktor siswa. Siswa kurang minat terhadap pembelajaran menulis puisi. Kedua, yaitu faktor guru. Guru kurang kreatif dalam memilih pendekatan dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Keadaan tersebut  yang penyebabkan peneliti menerapkan pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Jambewangi Magelang.           Pendekatan soft skill yang digunakan peneliti bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan menulis puisi yang hasil puisinya mencerminkan nilai-nilai sikap, kerjasama, empati, kejujuran, ketaqwaan, kedisiplinan, dan kepedulian. Penerapan pendekatan soft skill ini dengan bantuan media gambar dan irama musik. Media gambar dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi terutama untuk siswa sekolah dasar. Irama musik yang digunakan selaras dengan sajian gambar, yang bertujuan dapat menciptakan suasana nyaman, merangsang imajinasi, dan  membangun kecerdasan emosional. Adapun pelaksanaanya, proses menulis puisi menggunakan media gambar, sambil diperdengarkan irama musik.           Penelitian ini mengkaji dua masalah, (1) seberapa besar peningkatan keterampilan menulis puisi dengan pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik pada siswa kelas V SD Negeri Jambewangi, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri Jambewangi setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik. Tujuan penelitian ini adalah  (1)  mendeskripsi hasil menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Jambewangi melalui pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik, (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri Jambewangi dalam menulis puisi setelah penerapan pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik.           Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap siklus I, tahap siklus II, dan tahap siklus III. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Jambewangi yang berjumlah 18 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini ada tiga, yaitu variabel penggunaan pendekatan soft skill, variabel penggunaan media dan irama musik , dan variabel kemampuan menulis puisi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil kemampuan menulis puisi, dan teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, angket check list, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.           Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Jambewangi secara umum menunjukkan peningkatan, dan telah mencapai target yang direncanakan. Nilai yang ditargetkan rata-rata 70,00. Berdasrkan analisis data,  nilai rata-rata  kelas kemapuan menulis puisi pada siklus I sebesar 63,91, pada siklus II  sebesar 73,30, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas  meningkat menjadi 79,84. Terjadi peningkatan sebesar 15,93 atau sebesar 23,92%.           Hasil analisis data nontes setelah menerapkan pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kearah positif, siswa menjadi tertarik menulis puisi, menulis puisi dilakukan dengan mudah, dan dengan menerapkan pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik siswa merasa senang, semangat serta  termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.            Penelitian dengan menerapkan pendekatan soft skill dalam pembelajaran menulis puisi terbukti dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis puisi siswa SD Negeri Jambewangi, untuk itu peneliti menyarankan agar para guru bahasa Indonesia khususnya dapat menerapkan pendekatan soft skill berbantuan media gambar dan irama musik ini untuk dapat digunakan dalam pembelajaran menulis puisi khususnya pada siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2021