JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUKT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BIOLOGI MATERI METABOLISME SEL DENGAN MENGGUNAKAN PERCOBAAN SACH DAN PERCOBAAN INGENHOUZS

Hasni Hasni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XII IA 1 pada MAN Model Banda Aceh pada materi metabolisme sel. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas XII IA 1 MAN Model Banda Aceh Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 34 siswa. Analisis data menggunakan metode deskriptif komperatif, yaitu dengan membandingkan nilai tes siswa, hasil observasi terhadap guru dan hasil wawancara dari kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai dari setiap siklus dan analis pada siklus I dan siklus II dengan penerapan metode eksperimen. Pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan yaitu dari siklus I 70 keatas sebanyak 28 siswa, nilai 70 kebawah 6 siswa yang tuntas hanyua 82,35%, sedangkan yang tidak tuntas 17,64%. Pada siklus II nilai 70 keatas sebanyak 32 siswa dan 70 kebawah sebanyak 2 siswa, jadi yang tuntas meningkat menjadi 94,11%, sedangkan yang tidak tuntas 5,88%. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas XII IA 1 MAN Model Banda Aceh mengalami peningkatan hasil belajar melalui metode eksperimen pada materi metabolisme sel khususnya sub konsep fotosintesis. Kata Kunci: Metode eksperimen, hasil belajar, penelitian tindakan kelas.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...