Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik yang baik untuk materi Statistika kelas VIII di SMP Citra Bakti. Perangkat yang dikembangkan adalah Lembar Kerja Siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan mengacu pada teori pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan, dkk. (1974) yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Model 4-D yang terdiri dari empat tahap dimodifikasi menjadi tiga tahap sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Untuk menghasilkan perangkat Lembar Kerja Siswa yang baik maka Disini dilihat dari hasil validasi dari Validator terhadap Lembar Kerja Siswa LKS yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, karena penilaian validator memberikan penilaian terhadap setiap aspek minimal baik atau 4 dan hasil analisis angket respon siswa menunjukan lebih dari 70% dari 8 siswa yang merespon memberikan respon positif terhadap semua pernyataan dalam angket respon siswa
Copyrights © 2021