MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2021): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Prosedur Newman: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Prisma

Susana Koe Fallo (Universitas Timor)
Fitriani Fitriani (Universitas Timor)
Stanislaus Amsikan (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada materi luas dan volume prisma dipengaruhi oleh kurangnya memahami masalah dan konsep materi serta pemberian soal tes atau soal ulangan yang jarang diberikan sehingga berdampak pada nilai siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri Oemofa dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal Luas Permukaan Serta Volume Prisma Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Oemofa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data rata-rata kesalahan yang dilakukan siswa pada tipe Kesalahan Membaca sebesar 42%, Kesalahan Memahami sebesar 64%, Kesalahan Transformasi sebesar 83%, Kesalahan Keterampilan Proses sebesar 78% dan Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir sebesar 88%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...