Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia
Vol 42, No 4 (2013): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia

Pengaruh Harga, Ketersediaan, dan Lingkungan Sosial pada Sikap dan Niat Membeli Musik Bajakan

Badri Munir Sukoco (Universitas Airlangga)
Aditya Yuli Prasetya (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2020

Abstract

Penjualan produk media bajakan tetap tinggi meskipun berbagai industri dan pemerintahsudah berupaya menekan pertumbuhannya. Pihak industri kebanyakan menuduhinternet dan teknologi media yang memudahkan penggandaan untuk menikmati musiktanpa membeli yang asli. Kondisi ini menempatkan konsumen sebagai terdakwa bukansebagai pelanggan. Berdasarkan teori reaktansi psikologis, penelitian ini berpendapatbahwa munculnya produk media bajakan karena beberapa kendala di sisi penawaran,seperti harga tinggi atau tidak tersedianya produk. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui respon konsumen terhadap hambatan yang dilakukan oleh produsendalam mengkonsumsi media musik original dan mengidentifikasi karakteristik lingkungansosial yang berpengaruh pada respon konsumen akan hambatan mengkonsumsi mediaorijinal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang relatif sama denganMiyazaki, et al. (2009). Partisipan yang dilibatkan adalah 120 mahasiswa strata 1 darisebuah perguruan tinggi ternama di Indonesia Timur. Hasil penelitian menunjukkanbahwa harga tinggi, kelangkaan produk, dan kegunaan yang tinggi meningkatkananimo pembelian produk media bajakan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwasikap konsumen cenderung lebih positif dan niat untuk mengkonsumsi media musikbajakan akan lebih tinggi bilamana lingkungan sosialnya memberikan dukungan.Interaksi antara tiga variabel juga signifikan dan menunjukkan bahwa harga yang lebihrendah, ketersediaan tinggi, dan pengaruh sosial yang rendah yang efektif dalammengurangi animo konsumen untuk membeli produk media bajakan. Ketika dukungansosial rendah, tidak terdapat perbedaan yang signifikan bilamana harga media musikorijinal ditetapkan tinggi maupun rendah ketika produknya tidak tersedia. Namun ketikabarangnya tersedia, sikap konsumen akan perilaku mengkonsumsi media musik bajakanmencapai titik terendah bilamana harga media musik orijinal juga rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmui

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia (JMUI) adalah forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. JMUI menerbitkan hasil-hasil penelitian yang berdampak tinggi terhadap teori dan praktik manajemen dan ...