Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia
Vol 43, No 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia

Pengaruh Customer Engagement di Media Sosial terhadap Brand Intimacy pada Produk Fashion Lokal Indonesia

Classica Harsya Nawastha (Unknown)
Yeshika Alversia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Industri fashion merupakan industri yang perkembangannya selalu meningkat dan Indonesia berkontribusi terbesar ke-sembilan di dunia. Perkembangan industri fashion dalam negeri didukung dengan adanya kampanye untuk mencintai produk lokal. Fashion brand lokal memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan pelanggannya untuk menciptakan customer engagement. Sehingga penting untuk mengetahui faktor yang mendorong customer engagement seperti advice seeking, self-image expression dan fashion involvement. Selain itu, customer engagement juga berpengaruh akan terbentuknya brand intimacy. Penelitian ini membangun customer engagement sebagai second-order construct yang di dalamnya terdapat consumption, contribution, dan creation. Survei dilakukan secara online dengan 262 responden yang kemudian diolah datanya menggunakan pemodelan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi customer engagement adalah advice seeking, self-image expression, dan fashion involvement, customer engagement memiliki pengaruh terhadap brand intimacy.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmui

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia (JMUI) adalah forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. JMUI menerbitkan hasil-hasil penelitian yang berdampak tinggi terhadap teori dan praktik manajemen dan ...