Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2021): Volume 6 Nomor 2 Desember 2021

PENGEMBANGAN APLIKASI PERKALIAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN SISWA SD

Wina Winarti (PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Luthfi Hamdani Maula (PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Astri Sutisnawati (PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Pada hakikatnya perkalian merupakan oprasi penjumlahan yang dilakukan secara berulang yang sudah dipelajari dari kelas rendah, namun ternyata tidak sedikit peserta didik di kelas tinggi masih ada yang kurang lancer dalam mengoprasikan perkalian. Hal itu merupakan salah satu alasan dilakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah untuk mengetahui bagaimana kelayakan aplikasi perkalian yang dikembangkan, bagaimana respon peserta didik terhadap aplikasi perkalian yang dikembangkan, dan mengetahui apakah aplikasi perkalian dapat memberikan peningkatan pada siswa sekolah dasar dalam belajar perkalian. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D). Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif. Hasil menunjukan kemapuan pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan aplikasi perkalian daam belajar dibuktikan dengan adanya hasil analisis tes dengan nilai gain-score, pada uji coba tahap 1 diperoleh kategori sedang yaitu sebesar 0,57 dan pada uji coba tahap 2 diperoleh 0,59. Berdasarkan hal tersebut dapat diartikan bahwa peserta didik setuju bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi perkalian dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman konsep. In the fact, multiplication is addition operation that has been learned from low grades, but it turns out that not a few students in high grade are still less fluent in operating multiplication. This is one of the reason for conducting this research, the purpose of this research was to find out how feasible application of the multiplication that has developed, and to find out whether application of the multiplication could improve elementary school students in learning mutliplication. This study uses the Reasearch & Development (R&D) method. Analysis of the data used is descriptive analysis. The results show that the ability of students to understand concepts has increased after using the application in learning as evidenced by the results of test analysis with gain-score values, in the first and second stages of the trial, the medium category was 0,57 and the second stage of the trial was 0,59. Based on this, it can be interpreted that students agree that learning by using application of the multiplication can help increasing understanding of concepts.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...