PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 1 (2022): November - February

Analisis Tingkat Disposisi Kreatif dan Posisi Disposisi Kreatif Siswa SMP dalam Pendidikan IPA

Anggit Permanasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ari Widodo (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ida Kaniawati (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat disposisi kreatif dan posisi disposisi kreatif siswa SMP dalam pendidikan IPA. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan jenis survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 orang siswa SMP dari beberapa sekolah di muara enim, Sumatera Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner tertutup untuk tanggapan atas laporan diri setiap siswa terkait beberapa pernyataan disposisi kreatif dan posisi disposisi kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi kreatif dan posisi disposisi kreatif siswa berada pada presentase rata-rata skor 75% dengan kategori sedang. Sedangkan rata-rata skor tertinggi dari indikator disposisi kreatif terdapat pada indikator kolaboratif 78% dan pada indikator keingintahuan 78% dari aspek posisi disposisi kreatif siswa dibandingkan dengan teman sebaya. Baik siswa laki-laki maupun perempuan memiliki rata-rata yang sama dan seimbang, akan tetapi pada siswa laki-laki lebih dominan pada aspek kegigihan dan kolaboratif sedangkan untuk siswa perempuan memiliki skor yang lebih dominan pada aspek kolaborasi saja. Disposisi kreatif dapat mempengaruhi posisi disposisi kreatif siswa, begitupun sebaliknya. Disposisi kreatif dan posisi disposisi kreatif merupakan dua aspek yang juga harus didukung dan dikembangkan dalam konteks kreativitas siswa dalam pendidikan IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...