Abstrak: COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi global menyebabkan ambruknya dua sektor utama, yakni sektor ekonomi dan kebijakan. Pada sektor ekonomi berdampak pada usaha mikro (UMKM) dan Industri Rumah Tangga (IRT). Sehingga diperlukan strategi pemasaran utama yang mampu menjangkau berbagai segemen konsumen secara luas. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu dan membina 8 produk dari mitra UMKM dan Industri Rumah Tangga dalam meningkatkan omset penjualan dan pemasaran produk pangan melalui media sosial dan e-commerse serta memberi pengetahuan dan wawasan. Hasil yang diperoleh diantaranya 3 produk dilakukan pembuatan dan pengelolaan akun media sosial instagram, 3 produk dilakukan pengembangan label kemasan, 3 produk template konten media sosial, dan adanya peningkatan 25% konten mitra dapat menarik interaksi konsumen.Abstract: COVID-19 is designated as a global pandemic causing the collapse of two main sectors, namely the economic and policy sectors. In the economic sector, it has an impact on UMKM and IRT. The digital marketing strategy is able to reach a wide variety of consumer segments. The purpose of this study is to assist and foster 8 products from UMKM and the IRT in increasing sales and marketing through social media and e-commerce as well as providing knowledge and insight. The results obtained that 3 products for creating and managing Instagram social media accounts, 3 products for developing packaging labels, 3 social media content template products, and a 25% increase in partner content that can attract consumer interaction.
Copyrights © 2021