Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 1: Januari 2022

ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA TV BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SDN JATI 05 KOTA TANGERANG

Muflihatun Nufus (PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Nur Latifah (PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang)
M Azdi Dahlan (PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Abstrak: Media audio Visual TV merupakan alat elektronik yang berguna untuk menyampaikan pesan khususnya pesan pembelajaran di sertai unsur gerak, gambar dan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran TV berbasis daring pada pembelajaran tematik SD Negri Jati 05 Kota Tangerang pada kelas tinggi IV dan V tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini di ambil melalui angket google form kepada guru kelas dan siswa. Partisipan di ambil dari guru sebanyak 2 orang yaitu guru wali kelas IV dan V  serta siswa kelas IV dan V menggunakan essay untuk guru dan pilihan ganda untuk siswa yang di kembangkan oleh indikator media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penlitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini di dasari oleh rumusan masalah Analisis Pemanfaatan Media TV yang di lakukan secara daring pada Pembelajaran Tematik, penelitian ini di lakukan oleh narasumber merujukan tiga hal penting yang harus di persiapkan yaitu: Perncanaaan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Evaluasi Pembelajran. Kemudian data di analisis sehingga dapat memperoleh kesimpulan berdasarkan penelitian.Abstract :  Audio Visual TV media is an electronic tool that is useful for conveying messages, especially learning messages accompanied by elements of motion, images and sound. This study aims to determine the use of online-based TV learning media in thematic learning at SD Negeri Jati 05 Tangerang City in high grades IV and V in the 2020/2021 academic year. The sample of this research was taken through a google form questionnaire to class teachers and students. Participants were taken from the teacher as many as 2 people, namely the homeroom teacher for grades IV and V and grades IV and V students using essays for teachers and multiple choice for students which were developed by learning media indicators. This type of research is descriptive qualitative research. The results of this study are based on the problem formulation of TV Media Utilization Analysis which is carried out online in Thematic Learning, this research was carried out by resource persons referring to three important things that must be prepared, namely: Learning Planning, Learning Process, Learning Evaluation. Then the data is analyzed so that conclusions can be obtained based on the research.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...